Tips Menjaga Berat Badan Ideal Setelah Liburan

Setelah liburan, tak hanya hati yang bahagia dan pikiran yang lebih fresh bisa kamu dapatkan, namun, tak jarang pula ada hal yang membuatmu menyesal saat liburan. Salah satunya adalah berat badan yang tak terjaga dengan baik. Ketika liburan kamu mungkin lupa untuk mengontrol pola makanmu atau melupakan jadwal olahraga rutinmu. Hal ini dapat membuat berat badanmu naik dan melebihi berat badan idealmu sebelumnya. Tetapi, kamu tak perlu khawatir lagi, ada banyak cara untuk mengembalikan dan menjaga berat badan idealmu. Tips berikut dapat kamu aplikasikan untuk tetap menjaga berat badan ideal walaupun kamu selesai liburan yang menyenangkan.

ac204fb6-a7f7-49d7-95f5-5b9d1e9970ac

Kurangi makanan manis

Penelitian menunjukkan bahwa asupan gula dapat membuat ketagihan atau sugar craving dan menuju pada gaya hidup yang tak sehat. Hal ini dikarenakan oleh lonjakan insulin yang menyertai dengan peningkatan kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam darah yang tak tercerna akan diproses oleh insulin dan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Dengan berakhirnya liburan yang penuh dengan makanan manis, kadar gula dan lemakmu pun akan meningkat tanpa disadari. Setelah liburan, aturlah dengan ketat asupan gula yang masuk ke dalam tubuhmu. Pastikan kamu menguranginya secara perlahan selama 4 hingga 10 hari setelah liburan dan ganti dengan buah atau sayuran. Setelah beberapa hari, kamu akan terbiasa dan tak lagi ketagihan gula. Secara bertahap kamu akan menuju berat badan idealmu.

Kurangi porsi makan

Tahukah kamu bahwa perutmu bersifat ‘elastis’ dan menyesuaikan dengan jumlah makanan yang masuk ke perutmu? Jika setiap saat kamu makan banyak, perutmu akan beradaptasi dan berusaha menampung lebih banyak makanan yang masuk. Sebaliknya, jika kamu membiasakan diri untuk makan sedikit, maka perutmu juga akan beradapatasi untuk tidak menerima lebih dari yang biasa kamu makan. Jika secara bertahap kamu mengurangi jumlah makanan yang masuk, perutmu akan merasa kenyang dengan jumlah yang lebih sedikit dari sebelumnya. hal ini akan membuat asupan kalorimu berkurang dan berat badanmu terjaga. Cobalah dengan mulai mengurangi 1/3 dari porsi yang biasa kamu makan. Dengan melakukan ini kamu dapat mengurangi asupan kalori harianmu secara bertahap hingga pada jumlah yang ideal.

Baca Juga:  Mentally Healthy

Tingkatkan asupan protein

Penelitian membuktikan bahwa protein dapat memperpanjang rasa  kenyang setelah makan. Alasannya adalah karena protein lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh. Sulitnya protein untuk dicerna ini mengakibatkan menurunnya penggunaan insulin. Dibandingkan dengan mengkonsumsi karbohidrat, kamu yang mengkonsumsi makanan tinggi protein akan merasa tidak mudah lapar. Proses pencernaan protein juga membutuhkan lebih banyak kalori. Cobalah memilih sumber protein yang rendah lemak seperti salmon dan ayam.

Meningkatkan intensitas olahraga

Tak hanya mengatur pola makan, untuk mengembalikan berat badan idealmu kamu juga perlu meningkatkan intensitas olaharag harianmu setelah liburan. Olahraga akan membantumu untuk menjaga berat badan ideal dengan lebih mudah.

foto: berbagai sumber