| 26-04-2019

5 Kesalahan Hijabers Dalam Merawat Rambut

by: Arrafina Muslimah

Memiliki rambut yang sehat adalah idaman semua wanita, tak terkecuali bagi wanita-wanita muslimah yang menggunakan hijab. Sebagai wanita berhijab, penting sekali memerhatikan kondisi kesehatan rambut. Meski hijab sendiri telah memberikan perlindungan bagi rambutmu karena terhindar dari paparan matahari, polusi, rambutmu yang tertutup, jilbab tetap tidak boleh diperlakukan asal-asalan agar terjaga kesehatannya. Namun, tanpa disadari masih banyak wanita berhijab yang melakukan kesalahan dalam merawat rambut. Apa saja kesalahan yang sering dilakukan wanita berhijab? Simak informasinya di bawah ini!

1. Mengikat rambut terlalu kencang

Mengikat-rambut-terlalu-kencang

Mengikat rambut menjadi hal yang selalu dilakukan oleh para hijaber, karena rambut yang terurai membuat rasa gerah dan panas semakin terasa saat memakai hijab. Namun, tahukah kamu jika kamu mengikat rambut terlalu kencang dapat merusak rambut serta memperparah kerontokan dan membuat rambut jadi mudah patah. Oleh karenanya, hindari mengikat rambut terlalu kencang dan sebaiknya pilih ikatan yang longgar.

2. Menggunakan hijab saat rambut basah

hijab-basah-1

Tidak sedikit hijabers yang menggunakan jilbab saat rambut masih basah. Rambut yang masih basah langsung ditutup dengan jilbab akan membuat rambut lembap dan dapat memicu timbulnya ketombe. Disarankan sehabis keramas, tunggu rambut hingga kering saat ingin memakai hijab.

3. Malas mencuci rambut

malas-keramas

Tak hanya memakai hijab saat rambut basah, rambut yang kotor juga akan membuat rambut mudah patah dan rontok. Walaupun rambut tertutup dengan jilbab, tidak berarti rambut akan selalu bersih dan bebas dari kuman atau bakteri. Dianjurkan untuk mencuci rambutmu dengan rutin minimal dua hari sekali. Sebaiknya pilih sampo yang tepat untuk jenis rambutmu serta dilengkapi vitamin rambut.

4. Jarang menyisir rambut

malas-sisir-rambut

Rambut yang tertutup hijab bukan berarti menjadi tidak perlu disisir. Menyisir rambut adalah langkah tepat untuk mencegah rambut kusut dan mengurangi kerontokan akibat rambut patah. Sebaiknya gunakan sisir dengan rongga yang sedang dan sisirlah rambut secara rutin minimal dua kali sehari. Selain mencegah rambut rontok, hal ini juga dapat membantu memperlancar peredaran darah di kulit kepala. Pastikan juga kamu selalu mengganti arah belahan rambutmu, agar garis tepi rambutmu tidak menjadi tipis dan mengakibatkan kerontokan.

5. Diikat saat tidur

ikat-rambut-saat-tidur-1

Tak jarang hijabers malas membuka ikatan rambut sehingga dipakai ketika tidur. Padahal hal ini bisa membuat rambut kering, kusut, dan mudah rontok. Oleh karenanya, sebaiknya saat tidur kamu melepas ikatan agar rambut bisa bernapas.

INSPIRE-YOUR-EVERYDAY-LOOK---beauty

Posts You Might Like