Cara Menghitung Kadar SPF

cara-menghitung-spf-kulit1

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor yang berfungsi untuk mengatasi efek sinar matahari ada kulit kita. Contohnya jika kulit kita terkena sinar matahari dan kulit menjadi kemerahan setelah waktu 5 menit, artinya kulit kita sudah terkena efek radiasi matahari. Jika menggunakan produk yang memiliki SPF 15 berarti dalam waktu 15 x 5 (menit) = 75 menit sun protection tersebut bisa menjaga kulit kita. Begitu juga dengan SPF 30 dan seterusnya. Bisa dikatakan, hitungan SPF 15, 30, dan 40 menjadi hitungan waktu berapa lama kulit kita terlindungi dari sinar matahari yang berbahaya.

Untuk waktu berubahnya warna kulit menjadi kemerahan di bawah sinar matahari itu berbeda-beda bergantung pada kulit masing-masing. Tapi usia tidak terlalu berpengaruh. Tidak ada patokan pasti, tapi standarnya kulit wanita memerah di bawah sinar matahari setelah 5-10 menit.

Penggunaan SPF (sun block) secara bersamaan dengan bedak yang mengandung SPF tidak menjadi masalah. Disarankan sun block kembali dipakai setelah pemakaian 1,5 jam. Karena mungkin kekuatannya akan otomatis berkurang jika kita sering terkena sinar matahari. Kita pun harus tetap memakai sun block di dalam rumah karena sinar matahari bisa saja masuk lewat jendela.

SPF hanya memberikan perlindungan dari radiasi sinar UV (Ultra Violet) B, dan tidak melindungi kulit dari radiasi UV A. UV B bisa menyebabkan sunburn yang membuat kulit perih. UV A tidak menyebabkan sunburn, tapi UV A bisa menyebabkan kerusakan DNA bahkan beresiko kanker kulit. Sun block yang bisa menangkal UV A dan UV B tidak hanya bertuliskan SPF saja, tetapi SPF dan PA. Semakin banyak tanda ++ pada PA (PA+, PA++, PA+++), maka semakin tinggi perlindungan sun block tersebut terhadap UV A.

Sinar UV A pun tak hanya berbahaya bagi kulit, tetapi juga bagi mata. Mata yang terkena radiasi UV A terus menerus bisa terkena katarak, sehingga penting sebenarnya menggunakan kaca mata hitam yang memiliki penangkal sinar UV A.

Perlindungan lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan topi atau payung. Ini terbukti lebih besar manfaatnya daripada menggunakan sun block. Perlindungan ini penting dilakukan bukan hanya karena takut hitam atau silau, tapi untuk kesehatan kulit dan mata dalam jangka panjang.

Foto: Dok. Google