Daftar Barang yang Cocok untuk Seserahan Pernikahan

Seserahan pernikahan menjadi salah satu hal yang dianggap penting demi melengkapi seremoni momen istimewa dua insan yang akan terikat dalam pernikahan. Apa itu seserahan pernikahan? Seserahan pernikahan adalah deretan hadiah yang diberikan pihak mempelai pria kepada pihak keluarga perempuan yang merupakan simbolisasi tanggung jawab serta pengikat tanda kasih dari mempelai pria. Hadiah yang diberikanpun bermacam-macam jenisnya. Masih bingung menentukan daftar barang yang cocok untuk seserahan pernikahan? Ikuti tips di bawah ini!

Perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan.

Copy-of-cover-hijup-magz--2-
Proses seserahan sendiri biasanya dilaksanakan selama dua kali, yakni saat proses lamaran atau pertunangan dan saat momen pernikahan. Apa sih perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan? Seperti yang sudah dijelaskan, seserahan adalah deretan hadiah yang diberikan pihak mempelai pria kepada pihak keluarga perempuan yang merupakan simbolisasi tanggung jawab serta pengikat tanda kasih dari mempelai pria. Perbedaanya terdapat pada jenis barang yang diberikan. Biasanya pada seserahan pernikahan, barang yang diberikan berupa berbagai barang keperluan mempelai wanita. Sedangkan untuk daftar hadiah seserahan lamaran, jenis hadiah yang diberikan biasanya berupa kue tradisional hingga buah-buahan.

Daftar barang untuk seserahan nikah.

Copy-of-cover-hijup-magz--3-
Daftar barang untuk seserahan nikah sebenarnya cukup beragam. Bisa disesuaikan dengan selera dan apa saja yang dibutuhkan oleh mempelai wanita. Isi hantaran pernikahan pun tak mematok pada satu aturan harus ada barang tertentu yang wajib ada dalam kreasi hantaran pernikahan. Namun, untuk seserahan pernikahan sederhana, umumnya ada beberapa barang yang kerap menjadi pilihan para mempelai wanita.

1. Seserahan mukena.

7
CTA-shop-now-18
Salah satu jenis seserahan pernikahan dalam Islam adalah mukena. Biasanya isi seserahan pernikahan yang satu ini berupa mukena putih polos yang dihiasi aplikasi laces atau pita cantik. Mukena putih polos sering menjadi pilihan karena lekat akan kesan pure dan dapat mempersentasikan kesan mewah nan menawan. Namun, tidak ada patokan bahwa mukena untuk seserahan harus berwarna putih. Selain mukena seserahan, barang lain yang juga turut melengkapi seserahan yang satu ini adalah sajadah, tasbih, dan Alquran. Seserahan mukena sendiri merupakan simbolisasi agar kedua mempelai selalu menjalankan perintah agama.

2. Seserahan kosmetik dan perawatan wajah atau skin care.

10
CTA-shop-now-17

Wanita dikenal gemar bersolek dan merawat wajah agar tetap terlihat cantik. Inilah mengapa seserahan kosmetik dan perawatan wajah atau skin care menjadi salah satu daftar barang seserahan yang wajib ada. Biasanya jenis kosmetik yang dipilih untuk seserahan berupa satu set produk makeup yang terdiri dari bedak, lipstick, blush on, eye shadow, eye liner, mascara, hingga foundation. Sedangkan, untuk skin care, kamu bisa memasukan pelembab wajah, serum, toner, essence, hingga sun block. Semua tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

3. Seserahan alat mandi untuk maksimalkan perawatan tubuh.

Copy-of-cover-hijup-magz

Selain merawat wajah dan mempercantik diri, tentu saja hal yang tidak boleh dilupakan adalah merawat tubuh secara maksimal dengan seserahan alat mandi dan produk produk perawatan tubuh. Produk-produk seserahan alat mandi yang biasanya dipilih antara lain sabun mandi, shampoo, conditioner, hair mask, lulur, body scrub, body sorbet, hingga handuk. Sedangkan untuk perawatan tubuh, biasanya ada body lotion, perfume, hingga body butter.

4. Baju parcel pernikahan.

8
CTA-shop-now-16

Untuk baju parcel pernikahan biasanya bersifat tidak wajib. Namun, beberapa calon pengantin memasukan hal yang satu ini menjadi hantaran pernikahan. Untuk mempelai wanita, biasanya memilih koleksi long dress, abaya, hingga gamis. Hantaran ini biasanya juga disempurnakan dengan koleksi hijab yang cantik. Beberapa orang juga memilih untuk menghantarkan balik jenis seserahan ini kepada mempelai pria. Baju parcel pernikahan untuk pria biasanya berupa celana bahan, kemeja, dan sepatu formal.

5. Koleksi high heels untuk hantaran pernikahan.

Copy-of-cover-hijup-magz--1-
CTA-shop-now-15

Selain seserahan baju hingga kosmetik, barang seserahan pernikahan lain yang bisa dipilih adalah sepatu. Seserahan sepatu biasanya berupa koleksi high heels, semua bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu. Namun, biasanya beberapa orang memiliki high heels dengan desain yang mewah dan menawan sebagai hantaran. Untukmu yang tidak terlalu nyaman menggunakan high heels, sebaiknya kamu memilih jenis mid low heels seperti kitten heels yang memiliki tinggi sekitar 3-5cm agar tetap nyaman dikenakan.

6. Tas seserahan pengantin.

9
CTA-shop-now-14

Tidak ada aturan tertentu yang mengharuskan mempelai wanita memilih jenis jas tertentu sebagai seserahan. Namun, pada umumnya koleksi tas yang dipilih adalah model tas pesta seperti clutch bag dan hand bag. Beberapa orang juga memilih memasukan koleksi tas kerja, seperti shoulder bag dan tote bag, hal ini karena tas pesta bersifat ’occasional jadi tidak cukup versatile untuk berbagai padanan gaya lainnya.

7. Hantaran baju tidur dan hantaran pakaian dalam.

2-2
Selanjutnya ada juga yang memilih untuk memasukan koleksi baju tidur dan pakaian dalam ke dalam daftar seserahan nikahan. Untuk jenis baju tidurnya, kamu bisa memilih lingerie set dengan bahan satin dan aplikasi laces yang cantik. Jika tidak terlalu suka dan nyaman menggunakan lingerie set, kamu bisa mencoba menggantinya dengan koleksi piyama. Sedangkan untuk jenis pakaian dalamnya, biasanya berupa koleksi celana dalam, bra, hingga basic tank top.

8. Satu set perhiasan hantaran pengantin.

5
Banyak yang beranggapan bahwa satu set perhiasan hantaran pengantin seperti cincin dan kalung sebagai salah satu bentuk seserahan pernikahan. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Namun, baiknya calon pengantin perlu membedakan mana yang menjadi mahar dan mana yang menjadi seserahan. Mahar atau maskawin adalah pemberian wajib dari mempelai pria ke mempelai wanita sebagai salah satu syarat sahnya sebuah pernikahan. Meski tidak ada ketentuan tertentu soal mahar, biasanya mempelai wanita memilih perhiasan seperti kalung, gelang, atau cincin emas sebagai mahar pernikahan. Soal jumlahnya juga tidak ada aturan tertentu yang menentukan sahnya sebuah mahar, biasanya disesuaikan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Ada juga beberapa orang, yang menyerahkan sejumlah uang sebagai salah satu mahar pernikahannya. Uang ini biasanya dikreasikan dalam berbagai bentuk yang cantik dan dikemas dalam satu kotak seserahan pernikahan. Ada juga yang mengkreasikan mahar uang ini sesuai dengan tanggal pernikahannya.

9. Kotak seserahan nikahan.

6
Terakhir, agar kreasi hantaran pernikahan kian cantik nan sempurna tentunya kita membutuhkan koleksi kotak hantaran. Nantinya, isi seserahan yang bermacam-macam tersebut dikemas dalam kotak cantik ini agar terlihat kian mewah dan menarik. Jenis kotak seserahan juga kian beragam, biasanya kotak seserahan memiliki model transparan agar barang bawaan seserahan dapat terlihat dan nampak cantik. Kotak seserahan biasanya juga dihiasi aplikasi bunga atau pita cantik. Tidak hanya itu, beberapa pasangan bahkan memilih kotak hantaran pernikahan mereka yang sama dengan nuansa dan tema pernikahan mereka agar kian serasi.

Sudah jelas, apa saja yang bisa menjadi inspirasi daftar barang yang cocok untuk seserahan pernikahan?

fashion-1