| 7-08-2020

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Pekerja Saat New Normal

by: Hana Kholidah

Kini kasus positif Covid-19 di Indonesia makin bertambah, kluster perkantoran jadi penyumbang terbesar kasus positif. Terutama DKI Jakarta, yang memiliki gedung perkantoran banyak dan aktif hingga new normal ini menjadi penyumbang terbanyak.

Tentu, sebagai pekerja kantoran di DKI Jakarta maupun kota lain, merasa takut dengan penularan Covid-19 bisa di mana saja. Tak terkecuali di kantor tempat kerja, penularan Covid-19 juga bisa terjadi.

Menurut Dedi Supratman, Sekjen Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), transportasi publik jadi penyebab munculnya klaster perkantoran. Penularan bukan hanya terjadi di perkantoran tapi di luar kantor, misalnya karyawan yang menggunakan transportasi publik bisa tertular atau menjadi carrier.

Transportasi publik yang padat bisa menjadi pemicu penularan Covid-19. Maka, ada beberapa cara mencegah penularan yang bisa diterapkan pada diri sendiri. Check it out, yuk!

1. Tetap jaga jarak.

11

Menjaga jarak minimal satu meter diimbau oleh WHO, demi menekan angka penularan. Berjarak minimal satu meter juga di outdoor maupun indoor seperti di kantor.

2. Pakai masker saat bekerja.

12
CTA-shop-now-5

Pakai masker saat bekerja dianjurkan saat ini. Ya, demi menjaga kesehatan bersama. Selain menjaga diri dari penularan, masker juga dipakai bagi yang sakit maupun rekan kerjamu yang sehat demi tidak tertular pakai masker juga. Nah, kamu juga jangan lupa membawa masker cadangan ya, Dear.

3. Rutin cuci tangan.

13

Saat sampai kantor jangan lupa langsung mencuci tanganmu dengan sabun. Usahakan kamu bersih dulu sebelum memulai pekerjaan. Terutama sebelum makan, mencuci tangan, yang sudah kita rutinkan sejak kecil.

4. Menerapkan adab bersin dan batuk yang tepat.

14

Bersin maupun batuk kini bisa dicurigai terkena virus berbahaya ini. Maka adab bersin dan batuk saat ini harus mengikuti WHO, yakni dengan memakai sikut tangan. Agar partikel yang keluar saat bersin maupun batuk tidak menyebar luas ke orang yang ada di sekitarmu. Kini telapak tangan dikhawatirkan tidak aman, karena penyebaran Covid-19 bisa melalui telapak tangan.

5. Atur jarak duduk.

15

Jarak duduk dengan rekan kerja agak menjauh tak mengapa ya, tapi hubungan profesional harus tetap erat. Karena jarak duduk pun diatur, bukan berarti bersuudzon rekan kerja terkena Covid-19. Namun, sebagai antisipasi dan kewaspadaan kepada siapapun termasuk saat di luar ruangan

6. Hindari memakai barang pribadi secara bersama.

16
CTA-shop-now-6

Membawa peralatan makan pribadi sangat disarankan di era new normal ini. Demi menjaga kehigienisan dan tentunya kebersihan barang yang dipakai. Alat salat miliki pribadi hanya kamulah yang memakai. Jangan lupa helm juga ya, Dear!

7. Menjaga kebersihan meja.

magz

Meja kantormu harus rutin dibersihkan, ya. Kamu bisa bersihkan dengan lap, tisu basah, atau cairan disinfektan. Jangan lupa juga kamu lakukan di rumah, agar dimanapun selalu bersih dan safety.

8. Pola hidup sehat.

17

Yang terpenting juga menjaga pola hidup sehat dari tubuh kita sendiri. Makan makanan yang bergizi, mengkonsumsi vitamin, dan pola tidur yang cukup agar selalu fit dan memiliki antibodi yang kuat. Jangan lupa mengkonsumsi minuman herbal, seperti rempah-rempah dan rimpang-rimpangan, Dear

FOLLOW-NOW--1--3

Posts You Might Like