| 12-05-2020

Tips Menggosok Gigi Saat Puasa

by: HIJUP

Saat berpuasa pun kita harus tetap menggosok gigi secara rutin. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, gosok gigi saat berpuasa juga berfungsi untuk menjaga kesegaran mulut dan menunjang penampilan kita. Seperti salah satu hadis dari A’isyah radliallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Bersiwak bisa membersihkan mulut dan mendatangkan ridha Allah.” (HR. Nasa’i dan dishahihkan al-Albani)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggosok gigi saat berpuasa agar puasamu tidak batal. Simak tips-tips berikut:

  • Saat tidak berpuasa, umumnya kita menggosok gigi saat pagi dan sore. Tidak jauh berbeda, sebaiknya saat berpuasa kita menggosok gigi saat sebelum imsak dan sore hari saat berbuka puasa.
  • Gunakan pasta gigi yang tepat, maksudnya dengan pasta gigi yang cocok untuk kondisi kita dan memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat. Hal ini untuk menghindari makruhnya puasa karena aroma, apabila kita menggosok gigi di siang hari.

Kehati-hatian dalam menggosok gigi

Ibnu Baz rahimahullah berkata:

“Membersihkan mulut dengan gigi dengan pasta gigi, tidak membatalkan seorang yang berpuasa seperti siwak, dan dia harus menjaga (berhati-hati) dari sesuatu yang masuk ke dalam tenggorokannya. Dan jika ada sesuatu yang masuk ke dalamnya tanpa sengaja maka tidak ada wadha atasnya.” Lihat kitab Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 15/260.

  • Penggunaan pasta gigi ketika menggosok gigi saat berpuasa memang diperbolehkan, tapi tentu kita harus lebih berhati-hati agar tidak tertelan dan menjadi penyebab batalnya puasa kita.
  • Berkumur saat berwudhu bisa menjadi alternatif pengganti menyikat gigi di siang  saat berpuasa.
  • Saat berbuka dan sahur hendaknya kita minum lebih banyak air putih untuk menetralisir bau mulut selama berpuasa.
  • Jangan lupa untuk selalu menggosok gigi sebelum tidur, hal ini diwajibkan mengingat banyaknya makanan yang sudah kita makan saat berbuka maupun sesudah shalat tarawih.

Semoga dengan mengetahui beberapa tips menggosok gigi saat puasa, kita bisa tetap segar dan kebersihan mulut kita terjaga selama berpuasa.

Posts You Might Like