Apa itu new normal? Menurut Pemerintah Indonesia new normal adalah tatanan baru untuk beradaptasi dengan Covid-19. Jadi, tatanan, perilaku dan kebiasaan yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan perilaku sehat dan bersih di tengah pandemi Covid-19.

Masih dengan protokol kesehatan yang selalu diterapkan seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, juga hand sanitizer. Tetap menjaga jarak di tempat umum satu hingga 2 meter dan menghindari kerumuman. Tentunya dengan new normal ini, angka kasus Covid-19 semakin berkurang. Masyarakat sudah menerapkan protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun.

Bagi pekerja, sebelum kembali bekerja di kantor ada hal yang harus dipersiapkan sebagai bekal dalam menjalani hidup sehari-hari di tatanan hidup baru ini. Bekal ini akan menjadi pelindung dari paparan Covid-19 yang ada di mana-mana, di dalam kantor atau pun di perjalanan.

Berikut beberapa barang yang harus selalu kamu sediakan di tas di era new normal ini:

1. Masker.

a--2-

Masker merupakan alat pelindung yang paling penting sesuai protokol kesehatan yang kamu kenakan di mana pun saat pandemi ini. Tetap pakai masker walau di dalam ruangan jika sedang ramai. Jangan lupa sedia masker cadangan di tasmu, ya!

2. Hand Sanitizer.

2-10

Tak ada air, hand sanitizer pun jadi. Hand sanitizer juga wajib kamu bawa ke mana-mana. Pakailah hand sanitizer saat berada di kendaraan umum, seperti taksi commuter line atau taksi online. Dianjurkan juga hand sanitizer yang memiliki kadar alkohol 60% yang bisa mematikan virus dan bakteri dengan cepat.

3. Face Shield.

2-1

Sebagai pelengkap perlindunganmu di transportasi umum, face shield bisa jadi pilihan yang tepat. Face shield ini melindungimu dari droplet yang bisa mengenai mata dan bagian wajah lainnya, karena terbuat dari plastik mika yang lumayan tebal. Kamu bisa membersihkan face shield ini dengan cairan desinfektan, Dear!

4. Tisu kering dan tisu basah.

3-1

Pasti tisu kering dan tisu basah selalu ada di tasmu dan meja kerjamu kan, Dear! Jangan sampai ketinggalan ya dua benda penting ini demi kebersihanmu dan sekitar. Tisu kering bisa kamu pakai untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan, tisu basah bisa kamu gunakan untuk membersihkan meja, dudukan toilet, alat makan, dan semacamnya.

5. Botol minum.

8

Bukan pada era new normal atau pandemi membawa botol minum sendiri juga harus dibiasakan. Selain menjaga kesehatan dan kebersihan juga mengupayakan menjaga lingkungan supaya meminimalisir sampah plastik demi menjaga lingkungan.

6. Peralatan makan.

4-1

Mulailah hidup sehat dengan membawa tempat makan milik sendiri dan menu yang dibuat dari rumah. Bawalah kotak makan, sendok, garpu, dan sumpit dari rumah. Kamu bisa meminimalisir penyebaran virus dari alat-alat makan. Selain terjaga kualitas kebersihannya juga bisa menghemat biaya makan siangmu, Dear.

7. Sarung tangan.

7

Mungkin sarung tangan penting untuk kamu pakai jika kamu naik transportasi umum, karena naik transportasi umum tak terelakkan untuk berpegangan supaya tidak jatuh. Di transportasi umum banyak bakteri dan virus yang bertebaran, jadi silahkan pakai sarung tangan yang nyaman untukmu, Dear.

8. Peralatan salat.

magz-13

Peralatan salat pasti sudah kamu sering bawa ke mana-mana saat kamu berpergian keluar rumah kan, Dear? Saat new normal ini kamu harus tetap selalu membawanya ya, agar kebersihan dan keamanan selalu terjaga. Mukena dan sajadahmu hanya kamu saja yang memakai.

9. Uang elektronik.

6-1

Menurut beberapa studi, uang tempat berkumpulnya kuman, bakteri, dan virus. Berlaku pada uang kertas dan logam. Maka kita harus tetap berhati-hati meski belum ada bukti spesifik untuk virus Covid-19. Sebagai alternatif, karena zaman sudah canggih dengan teknologi maka pergunakanlah dengan uang elektronik.Pergunakan uang tunai bila tidak tersedia, seperti naik angkot.

10. Helm.

5-1

Bagi kamu pengguna transportasi motor pribadi, bawa dan pakai helm sendiri itu harus karena demi mengantisipasi penyebaran Covid-19. Membawa helm sendiri bisa memastikan kebersihan dan keamanan tanpa dihantui rasa khawatir setelah memakai helm.

Semoga kita selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun kita berada saat new normal ini. Jangan lupa untuk tetap menjaga jarak satu hingga dua meter dengan orang lain. Makan makanan bergizi, tidur yang cukup, serta olahraga merupakan kunci dalam menangkal Covid-19. Stay safe and healty!

FOLLOW-NOW--1--3