| 4-02-2020

Perbedaan Jerawat, Komedo, Beruntusan, dan Bintik Hitam

by: HIJUP

Perubahan cuaca, kondisi tubuh yang tidak stabil, mencuci muka tidak bersih, hingga makanan yang tidak sehat sering mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Kulit wajah jadi lebih mudah kusam, tidak cerah, hingga timbulnya jerawat di wajah.

Masalah kulit wajah juga bukan hanya sekedar jerawat wajah saja. Ada komedo, beruntusan, sampai bintik hitam. Namun, banyak yang belum paham bahwa antara jerawat, komedo, beruntusan, dan bintik hitam adalah yang berbeda. Ingin tahu perbedaan jerawat, komedo, beruntusan, dan bintik hitam? Untuk membedakan gejala dan penanganannya, lihat infonya di bawah ini!

1. Jerawat.

a--3-

Jerawat atau pimples merupakan salah satu bentuk kelainan kulit yang disertai peradangan (memerah, nyeri, membesar) dan dapat ditemukan nanah yang kekuningan di permukaannya yang bila diraba melunak dan nyeri.

Ada berbagai macam jenis jerawat, di antaranya jerawat kistik atau jerawat batu, jerawat nodul, dan lain-lain. Untuk menghilangkan bekas jerawat caranya juga beragam, mulai dari menggunakan masker, menggunakan obat jerawat, hingga perawatan laser.

2. Komedo.

a--1-

Komedo terdiri atas 2 macam, whitehead (komedo tertutup) dan blackhead (komedo terbuka). Ciri-ciri atau pembedanya adalah lokasi, bentuk, dan keluhan penyerta. Komedo terdapat di bagian tubuh yang rentan terjadi jerawat yaitu wajah, terutama dahi dan hidung. Komedo juga di temukan di dada dan punggung bagian tengah. Umumnya tidak disertai rasa gatal atau nyeri.

Komedo tertutup bentuknya bisa rata atau sedikit menonjol di atas permukaan kulit. Warnanya menyerupai warna kulit, terkadang bisa tidak terlihat oleh mata tapi teksturnya lain dan bisa dirasakan jika disentuh lagsung.

Untuk, komedo terbuka bentuknya bisa rata atau menonjol di atas permukaan kulit dan permukaannya terlihat berwarna hitam. Keduanya bila dicoba dikeluarkan berisi materi berwarna putih kekuningan.

3. Beruntus.

a--2-

Beruntus adalah salah satu istilah yang biasa digunakan oleh awam untuk menggambarkan bintil, papul atau sesuatu yang menonjol diatas permukaan kulit. Kemungkinan penyebabnya banyak, tergantung lokasi dan gejalanya.

Beruntus bisa merupakan bagian dari jerawat atau tanda terjadinya peradangan kulit akibat sensitivitas kulit terhadap bahan tertentu atau penyebab lain. Dianjurkan untuk konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mendapatkan diagnosis pasti dan pengobatan yang tepat.

4. Bintik Hitam Kasar.

a--4-

Bintik hitam kasar yang biasa kita lihat pada orang yang sudah menua biasanya merupakan tumor jinak kulit yang penyebabnya dipengaruhi oleh faktor genetik dan paparan sinar matahari. Biasanya tumbuh di tempat yang terkena sinar matahari yaitu wajah, leher, lengan.

Sebelum menentukan pengobatan dan penanganannya, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin harus melihat langsung terlebih dahulu dan menyingkirkan kemungkinan tingkatan keganasan kanker kulit. Jika tidak ganas, sebenarnya tidak masalah. Penanganannya sering dikarenakan pasien merasa terganggu secara estetika.

FOLLOW-NOW--1--2

Posts You Might Like