| 6-08-2020

Makanan dan Minuman Ini Bisa Menurunkan Kolesterol

by: Hana Kholidah

Idul Qurban atau Idul Adha ini membuat masyarakat mengkonsumsi daging merah meningkat. Memang daging merah dari sapi maupun kambing baik bagi tubuh, tapi bagaimana jika berlebihan? Efeknya bisa menimbulkan kolesterol tinggi pada tubuh. Kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan penyakit yang berbahaya, na’udzubillah.

Selain memasak daging merah dengan cara yang benar, memakan makanan lain agar terhindar dari kolesterol juga sangat perlu. Dari berbagai sumber, beberapa makanan ini bisa membantu menurunkan kolesterol. Yuk, disimak!

1. Madu.

2-1

Tak perlu diragukan lagi madu kaya akan manfaat bagi kesehatan. Madu bisa meluruhkan kolesterol dalam tubuh yang bisa mengakibatkan penyakit jantung. Madu bekerja untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik secara bersamaan. Madu aman dikonsumsi setiap hari, karena madu adalah obat bagi segala penyakit.

2. Teh hijau.

3

Teh hijau dipercaya menurunkan berat badan, tak hanya itu teh hijau juga mampu menurunkan kadar kolesterol. Teh hijau mengandung antioksidan, mineral, vitamin, serta karbohidrat yang sangat baik untuk tubuh. Menurut penelitian, rutin minum teh hijau dua gelas setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol 2-4%. Sama saja menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung 22-33%.

3. Oatmeal.

4

Oatmeal yang kita kenal mengandung serat. Oatmeal mengandung serat larut yang dapat mengurangi lipoprotein dengan kerapatan rendah, alias kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Aman banget untuk dikonsumsi setiap hari, karena oatmeal baik juga untuk pencernaan.

4. Jus jeruk.

1-2

Jus jeruk pasti mudah dicari. Buah kaya manfaat ini bisa menurunkan kolesterol jahat, Dear. Dua gelas jus jeruk cukup kamu konsumsi setiap hari. Tentu buah ini banyak di pasaran dan berbagai macam jenisnya.

5. Minyak zaitun.

6

Minyak zaitun dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Minyak zaitun mengandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, namun tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi dua sendok makan minyak zaitun setiap hari. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan salad atau untuk menumis sayuran.

6. Apel.

7

Siapa yang nggak kenal buah apel? Apel kaya akan vitamin, antioksidan, dan mengandung pektin (terutama bagian kulitnya), yaitu serat larut air yang dapat turunkan kolesterol dalam tubuh. Jenis serat ini bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, lalu dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses. Pada dasarnya, buah-buahan mengandung serat larut air, yang dapat mengikat asam empedu sehingga penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah dapat menurun.

7. Alpukat.

8

Buah kaya lemak ini merupakan lemak baik yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Buah alpukat juga dapat membantu tubuh kamu untuk menyerap nutrisi dari makanan lain yang kamu konsumsi. Buah berwarna hijau ini juga sarat dengan lemak tak jenuh ganda dan tunggal yang dapat memberi manfaat yang besar untuk jantung dibandingkan yang lain.

8. Kedelai.

9

Kedelai, yang terkenal terkandung pada tempe, tahu, kecap, dan lainnya ini bisa membantu menurunkan kolesterol. Menurut penelitian, konsumsi 20 g – 61 g protein kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol total, LDL (lemak jahat), dan trigliserida secara signifikan, dan meningkatkan kadar HDL (lemak baik) dalam darah.

FOLLOW-NOW--1--1

Posts You Might Like