| 20-03-2020

Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri

by: Ayunda Sita

Banyak langkah-langkah mudah yang bisa kita lakukan saat virus COVID-19 kian menjadi isu kesehatan yang serius. Salah satunya adalah dengan mencuci tangan dengan bersih dan benar. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer atau pembersih tangan berbasis alcohol untuk membunuh kuman dan virus.

Namun, produk yang satu ini kini kian sulit untuk ditemukan. Tenang! Produk pembersih tangan yang satu ini ternyata bisa kamu buat sendiri mengunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Melansir dari laman situs Healthline.com, berikut cara mudah membuat hand sanitizer:

Cara mudah membuat hand sanitizer:

2-10

Bahan-bahan:

  1. Isopropil atau alkohol gosok (Alkohol 99%).
  2. Gel lidah buaya.
  3. Minyak esensial, seperti minyak lavender.
  4. Wadah pengukur kaca.
  5. Sendok besi.

Cara membuat:

  1. Cuci tangan kamu terlebih dahulu ingin bersih.
  2. Bersihkan semua alat-alat yang akan digunakan.
  3. Siapkan 3/4 cangkir isopropil atau alkohol gosok 99%.
  4. Siapkan 1/4 cangkir gel lidah buaya (untuk membantu menjaga tangan Anda tetap lembut dan menangkal kerasnya alkohol).
  5. Siapkan 10 tetes minyak esensial, seperti minyak lavender atau tea tree.
  6. Tuang semua bahan ke dalam mangkuk, idealnya menggunakan wadah pengukur kaca.
  7. Campur dengan sendok dan kocok hingga berubah menjadi gel.
  8. Tuang ke dalam botol kosong agar mudah digunakan.

Catatan: Kunci untuk membuat pembersih tangan yang efektif, penghilang kuman adalah tetap menggunakan proporsi alkohol 2: 1 untuk lidah buaya. Ini menjaga kandungan alkohol sekitar 60%. Ini adalah jumlah minimum yang diperlukan untuk membunuh sebagian besar kuman. Pastikan juga alkohol yang digunakan untuk pembersih tangan tidak encer.

Cara menggunakan hand sanitizer yang benar:

3-4

Kamu juga perlu memperhatikan cara menggunakan hand sanitizer yang benar. Caranya, semprotkan atau oleskan sanitizer ke telapak tangan. Gosok tangan dan pastikan diaplikasikan pada seluruh permukaan tangan dan semua jari. Gosok selama 30 hingga 60 detik sampai tangan kering.

Meski hand sanitizer merupakan produk yang bisa membantu kuman dan virus. Namun, tidak sepenuhnya mampu mengurangi jumlah mikroba di tangan. Jadi pastikan kamu tetap harus mencuci tangan kamu dengan baik dan benar. Hand sanitizer hanya membantu mencegah penyebaran kuman ketika sabun dan air tidak tersedia.

Sumber: Healthline.com

FOLLOW-NOW--1--12

Posts You Might Like