| 24-03-2020

Cara Mencuci Tangan yang Benar

by: Hana Kholidah

Mewabahnya virus COVID-19 tentu menimbulkan keresahan bagi kita. Kita sebagai masyarakat diperintahkan untuk #socialdistancing dan #stayhome. Kian hari kian bertambah kasus positif penyakit ini, maka dengan memutus mata rantai penyakit ini kita harus memulainya dari diri sendiri.

Tak hanya itu menjaga kesehatan dengan berbagai cara yang dilakukan, seperti makan makanan bergizi, minum vitamin, meracik ramuan herbal, olahraga, menggunakan hand sanitizer, hingga cuci tangan.

Kini cuci tangan pun lebih diperhatikan karena penularan Corona bisa lewat tangan, maka cuci tangan dengan sabun dan bila tak ada menggunakan hand sanitizer seperti yang disampaikan WHO (World Health Organization).

Yuk, mencuci tangan dengan baik dan benar sesuai standar Kementerian Kesehatan. Cuci tangan dengan baik merupakan langkah kecil tapi berdampak besar untuk melawan virus COVID-19 ini.

Cara mencuci tangan yang benar:

1. Basahi tangan di air mengalir, gosok sabun pada telapak tangan, lalu gosok kedua telapak tangan dengan memutar.

2-12

2. Usap dan gosok kedua punggung tangan agar sabun dapat membersihkan secara merata.

3-6

3. Gosok sela-sela kuku dan jari tanganmu agar kuman, bakteri, termasuk virus menghilang dari tanganmu.

4-4

4. Cuci ujung jarimu dengan dengan posisi saling mengunci. Cara ini agar kamu bisa mencuci dengan tuntas.

5-2

5. Gosok dan putar ibu jari secara menyeluruh ya. Biasanya jempol jari yang paling yang paling aktif kamu gunakan sehari-hari. Durasi cuci tangan yang benar sekitar 20-30 detik.

6-1

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

7-1

Mudah, bukan, cara mencuci tangan dengan baik dan benar? Yuk, kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Beritahu juga keluarga dan teman-temanmu cara mencuci tangan yang benar, agar semua terlindungi dari virus Corona.

Jangan lupa cuci tangan setelah habis bepergian dari luar rumah, menyentuh atau memegang benda, sebelum makan, dan sekiranya kamu butuh untuk mencuci tangan.

FOLLOW-NOW--1--17

Posts You Might Like