Era new normal telah tiba. Banyak hal yang perlu kamu persiapkan termasuk menggunakan masker setiap hari. Masker kain kerap menjadi pilihan sempurna untuk memproteksi diri saat menjalankan kegiatan di masa pandemi ini.

Namun, sudah tahukah kamu bagaimana aturan cara mencuci masker kain yang benar? Melansir dari laman refinery29.com, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam mencuci masker kain. Lihat tipsnya di bawah ini!

1. Bisakah masker kain dicuci?

big_154842
HIJUP BASIC - Cotton Mask - Rp10.000
CTA-shop-now-13

Masker kain memang didesain untuk lebih dari satu kali pakai. Jadi masker kain dapat kamu cuci kembali menggunakan tangan atau mesin cuci. Jika masker kain dicuci, tidak akan mengurangi keefektifannya, tidak seperti masker medis yang memang tidak dapat dicuci.

2. Seberapa sering perlu mencuci masker kain?

big_153156
HIJUP BASIC - Cotton Mask Trio Set - Rp25.000
CTA-shop-now-11

Seberapa sering perlu mencuci masker kain? Jawabannya adalah kamu perlu mencucinya setiap habis digunakan. Demi menjaga kehigienisan masker, sebaiknya memang masker dicuci setiap kali pemakaian. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memiliki lebih dari satu masker kain.

Untuk pencuciannya kamu bisa menggunakan tangan atau mesin cuci. Cukup pisahkan dengan pakaian lain dan rendam dengan menggunakan sabun khusus bakteri. Setelah dikucek dan dibilas bersih, jemur masker kain di bawah sinar matahari langsung hingga benar-benar kering agar menghilangkan bakteri yang ada.

3. Cara mencuci masker kain di mesin cuci.

big_v1-771-61487-114242-21441-46-152666-3
SRITEXMASKER - Masker Anti Microbial Bundle 3pcs - Rp24.000
CTA-shop-now-12

Jika kamu memutuskan untuk mencuci masker menggunakan mesin cuci, sebaiknya pertama-tama mengeluarkan filter yang mungkin saja bisa lepas saat proses pencucian.

Tempatkan masker kain di dalam mesh bag (tas kain dengan bahan halus yang biasa digunakan untuk pakaian dalam dan pakaian renang). Sebaiknya cuci masker kain secara terpisah.

Begitu masker kain telah masuk ke dalam mesin cuci, tambahkan deterjen dan atur suhu air ke pengaturan panas setinggi mungkin. Mencuci masker kain di mesin cuci dengan air panas adalah metode pembersihan terbaik. Keringkan masker dengan mesin pengering dan jemur di bawah sinar matahari langsung.

FOLLOW-NOW--1--4