| 3-04-2020

Cara Membuat Masker Hijab Tanpa Mesin Jahit

by: Hana Kholidah

Merebaknya virus COVID-19 saat ini mengharuskan kita pakai masker jika sedang sakit atau ketika keluar rumah. Persediaan masker di pasaran terbatas dan mahal harganya, terlebih masker untuk tenaga medis yang langka karena ada penjual yang sengaja meraup keuntungan dengan menjual dengan harga mahal. Maka, untuk kita yang #dirumah aja, hendaknya tidak memakai atribut medis dalam penanganan virus corona ini.

Masker kain menjadi alternatif untuk kita pakai. Masker kain yang kita buat di rumah ini bisa dicuci. Selain hemat, dengan pakai masker kain kita tidak memusingkan tenaga medis soal stok masker. Ingin tahu caranya? Yuk, kita buat masker kain di rumah ala #HIJUPsquad @gegetasya!

Bahan-bahan membuat masker tanpa mesin jahit:

1.Kaos berbahan katun.
2.Benang jahit.
3.Jarum jahit.
4.Gunting.
5.Sehelai kertas.
6.Krayon atau alat tulis lainnya.
7.Jarum pentul.
8.Pita sepanjang satu meter.

Cara membuat masker kain:

1. Letakkan kaos di tempat yang datar, rapikan dan gunting. Setelah satu sisi digunting, jangan lupa gunting sisi sebelahnya. Ratakan kembali kaos dan pisahkan menjadi dua bagian.

2

2. Siapkan kertas pola yang berukuran 23 cm x 15 cm, letakkan persis di ujung kain. Kemudian sematkan jarum pentul agar posisi kertas pola tidak bergeser. Gunting kain sesuai pola dan jahit jelujur tepian kain.

3

3. Setelah selesai dijahit, buatlah dua buah lipatan sebesar dua ruas jari dan sematkan jarum pentul agar posisi tidak bergeser, kemudian jahit kedua lipatan tersebut dari ujung hingga ujung. Buatlah dua buah lipatan yang sama di sisi yang satunya dan jahit.

4

4. Siapkan dua buah pita berukuran 17 cm dan dua buah pita berukuran 30 cm. Agar ujung pita tidak mudah tertarik maka pita dirapikan dengan api dari korek gas.Jahit pita pada masker pada kedua sisi

5

5. Tambahkan pita panjang dengan cara diikatkan pada tali pendek yang sudah dijahit tadi sebagai tali pengikat masker ke belakang hijab.

6

Mudah bukan membuat masker kain? Satu buah kaos dewasa bisa menjadi 4 buah masker. Selamat mencoba!

Lihat video lengkap cara membuat masker hijab di sini!

CREDIT PHOTO COVER: courierpress.com

FOLLOW-NOW--1--1

Posts You Might Like