Buah kurma yang terkenal pada bulan Ramadan ini tidak hanya dikonsumsi pada saat itu saja ya, Dear. Buah yang mujarab mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, serta karbohidrat ini pun menjadi gaya hidup sehat kini, terlebih lagi masa pandemi ini. Sebagai sumber vitamin dari alam, buah ini bisa diandalkan. Beragam manfaatnya sudah terjamin dan dirasakan banyak orang.

Mengkonsumsi kurma beragam caranya, dengan dimakan langsung maupun diolah. Merendam buah kurma di air merupakan salah satu cara, airnya yang disebut Nabeez ini bisa dikonsumsi setiap hari karena memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh. Dengan air rendaman kurma, bisa membantu imunitas tubuh pada kondisi pandemi seperti ini. Nabeez sudah populer pada zaman Nabi shalallahu alaihi wassalam, lho. Yuk, simak manfaat rendaman air kurma!

1. Detoksifikasi racun.

Air rendaman kurma ini dijuluki sebagai detox water karena kemampuannya yang dipercaya bisa mengeluarkan racun pada tubuh, Dear. Manfaat air Nabeez mengandung alkali yang bisa menetralkan racun dalam tubuh. Dengan rutin meminum air kurma ini racun dalam tubuh dan pencernaan akan terbuang secara otomatis.

2. Bisa tingkatkan fungsi otak.

Kurma juga mengandung kalium yang membuat tubuh mudah menyerap oksigen dan menyebarkannya ke otak. Aktivitas otak pun akan semakin membaik, termasuk proses mengingat, berpikir, merespons, dan sebagainya. Karena penyerapan dan penyebaran oksigen yang baik di dalam otak akan meningkatkan fungsi organ vital.

3. Menstabilkan tekanan darah.

Manfaat air rendaman kurma juga bisa menstabilkan tekanan darah serta menjaga kinerja jantung. Kandungan kalium dalam kurma juga bagus untuk meng-cover saat kita merasa lelah. Jadi, air Nabeez ini sangat dianjurkan atau baik untuk dikonsumsi saat sahur dan buka puasa.

4. Baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Kebaikan kurma untuk ibu hamil adalah dapat menguatkan otot-otot rahim, terlebih lagi menjelang hari persalinan. Siti Maryam ibunda dari Nabi Isa alaihissalam, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an, setelah melahirkan diperintahkan untuk mengkonsumsi buah kurma. Selain sebagai sumber tenaga pasca melahirkan, kurma juga dipercaya sebagai asi booster.

5. Program hamil.

Di dalam satu buah kurma terdapat, asam folat, asam pantotenat, vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks (B1,B2,B3,B12), vitamin K, kalium, sodium, fosfor, magnesium, zat besi dan masih banyak lagi. Maka dengan adanya kandungan asam folat buah ini dianjurkan untuk wanita yang ingin cepat hamil. Dikonsumsi dengan jumlah ganjil setiap harinya dan dibarengi dengan minyak zaitun.

6. Atasi alergi.

Kurma juga kaya dengan sulfur organik yang dapat mengurangi reaksi alergi dan juga alergi musiman. Dengan meminum air Nabeez bisa meredakan alergi, Dear. Zat ini dapat mengatasi alergi kronik seperti rhinitis. Seperti bersin-bersin hebat, mata merah, hidung berair dan tersumbat, dan sakit kepala.

7. Baik untuk anak-anak.

Kurma mengandung fruktosa, glukosa dan sukrosa. Ketiga kandungan ini baik untuk anak-anak di mana masa ini sedang aktif untuk bereksplor. Selain itu, air Nabeez baik sebagai pengganti minuman manis dan buah kurma sebagai cemilan sehat si kecil. Minuman atau makanan manis bisa merusak gigi susu anak.

Cara membuat air rendaman kurma:

Berikut cara membuat air rendaman kurma:

Cukup rendamlah beberapa butir kurma matang ke dalam air, sebaiknya merendam kurma dengan jumlah ganjil.
Buatlah air rendaman pada waktu sore menjelang malam.
Pastikan gelas air rendaman kurma tersebut tertutup rapat.
Keesokan paginya, kurang lebih 8 atau 12 jam, air Nabeez bisa diminum dan buah kurma hasil rendaman yang telah lembut untuk dimakan.

Untuk jenis buah kurma yang direkomendasikan adalah kurma ajwa. Akan tetapi jika tidak ada, bisa menggantinya dengan jenis kurma lainnya. Air rendaman kurma ini bisa bertahan 1-2 hari jika disimpan di lemari es. Hindari mengkonsumsi air Nabeez lebih dari 3 hari. Sebab, air rendaman kurma yang berusia lebih dari 3 hari telah mengalami proses fermentasi. Hal tersebut menjadikannya arak, sehingga haram untuk dikonsumsi.

Selamat mencoba, Dear!

FOLLOW-NOW--1--4-1