| 19-02-2020

5 Fakta Menarik Tentang Detail Plisket

by: Ayunda Sita

Aplikasi plisket resmi menjadi salah satu tren beberapa tahun belakangan. Setelah musim lalu, detail cantik terlihat ramai dikenakan berbagai fashion icon, menariknya tren detail cantik ini masih akan berlanjut tahun ini, hal ini terbukti dengan masih banyaknya label pakaian yang menggunakan detail plikset.

Apa itu pleats atau plisket? Melansir dari laman situs BOF, Business of Fashion, Plisket adalah teknik lipatan atau penggandaan kain yang ditekan, disetrika, atau dilipat ke tempatnya. (Lipatan yang dijahit ke tempatnya disebut melipat).

Namun, tahukah kamu bagaimana detail plisket pertama kali tercipta dan sejak kapan pakaian mulai mengenakan aksen lipit? Pleats atau plikset memang memiliki sejarah panjang dan sejumlah fakta menarik. Ingin tahu keistimewaan dan fakta menarik tentang detail plisket? Scroll down!

1. Detail plisket pertama kali dibuat pada tahun 170an.

1-10
BUY-SIMILAR-HERE--4

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa ternyata detail lipit telah ada sejak dahulu kala. Plisket sendiri pertama kali tercipta pada tahun 170an dari daerah Mesir. Zaman dahulu pembuatan pleats cukup menarik, yakni dengan menyiramkan telur pada linen kemudian dibentuk dan dikeringkan.

2. Dahulu merupakan simbol kemewahaan.

2-9
BUY-SIMILAR-HERE--4

Dahulu kala, aplikasi plisket dipercaya sebagai simbol kekuatan dan kemewahan. Pada zaman kejayaan Yunani, para bangsawan menggunakan tunik plisket, aksen lipit ini biasanya hadir pada bagian bahu dan pinggang.

Alasan mengapa aplikasi plisket begitu dianggap mewah karena proses pembuatannya yang cukup rumit dan tidak bertahan lama. Jika pakaian dengan detail lipit ini telah dicuci akan hilang detail plisketnya. Harus dibuat berulang karena sekali dicuci maka detail plisket yang telah dibuat akan kembali ke bentuk awal, hal inilah yang menjadikannya mahal dan mewah.

3. Dipercaya dapat membuat wajah lebih cantik pada abad 16.

3-6
BUY-SIMILAR-HERE--4

Memasuki abad 16, fakta menarik tentang detail pleats kembali hadir. Kala itu, Ratu Elizabeth kerap menggunakan pakaian dengan modifikasi kerah plisket tinggi, pakaian ini digunakan sebagai simbol kemewahan.
Tidak hanya itu, modifikasi ini bertujuan membuat wajah kian cantik nan elegan. Bentuk gelombang yang kaku terbentuk oleh tekanan silinder logam panas. Selain sebagai ciri bangsawan, lipit juga digunakan untuk memberikan aksen pada tunik, cuff, dan rok.

4. Pada awal abad 19, gaun plisket mendobrak cara pandang perempuan dalam berbusana.

4-4
BUY-SIMILAR-HERE--4

Berlanjut ke abad 19, pemakaian gaun plisket ternyata tak hanya lekat akan kesan berkelas, namun juga mampu mendobrak cara pandang perempuan dalam berbusana. Pada masa itu, para perempuan kerap menggunakan korset dan petticoat.
Gaun plisket seakan memberi pilihan berbusana. Pada awal abad 19, Mariano Fortuny memberikan makna baru dengan menciptakan gaun yang disebut delphos. Delphos terbuat dari sutra yang diberikan aksen plisket hampir pada seluruh pakaian.

Gaun yang memiliki tekstur lipit ini mendobrak cara pandang perempuan dalam berbusana, dimana pakaian tak lagi mendikte bentuk tubuh dengan pemakainya. Namun, kala itu belum ditemukan mesin yang dapat membentuk plisket yang tahan lama dan bisa dicuci. Hal ini merupakan masalah yang sampai saat itu belum terpecahkan dalam pembuatan.

5. Rumah mode Issey Miyake dikenal menjadi label yang pertama menciptakan koleksi plisket modern yang tahan lama.

5-3
BUY-SIMILAR-HERE--4

Teknologi dan inovasi nyatanya memang lekat dengan Jepang sejak dulu. Hal ini yang juga terlihat pada label Issey Miyake. Lini pakaian kerap melansir koleksi busana bergaya minimalis ini sukses meluncurkan koleksi plisket modern yang tahan lama.

Desainer kelahiran Hiroshima ini mengembangkan teknik plisket lewat brand Pleats Please yang diluncurkan tahun 1993. Teknik yang diaplikasikan adalah dengan memotong kain menjahitnya dengan ukuran 3 kali lipat lebih lebar dari ukuran yang direncanakan. Baju ini kemudian diletakkan di antara 2 kertas dan dimasukkan dalam mesin lipit. Baju yang dihasilkan sangat fungsional, praktis, mudah disimpan dan dibawa bepergian, tak perlu proses setrika, dan dapat dicuci tanpa menghilangkan bentuk lipitnya.

Hingga saat ini pakaian detail plisket menjadi salah satu koleksi yang paling diburu. Koleksi yang dihasilkan oleh beberapa label-pun kian beragam. Seiring perkembangan tren fashion, kini detail plisket hadir dalam koleksi rok plisket, gamis plisket, hingga pashmina plisket.

FOLLOW-NOW--1--14

Posts You Might Like