entertainment | 10-05-2016

5 Hal Menarik di Pekalongan yang Perlu kamu Ketahui

Julukan kota batik memang sangat melekat dengan Kota Pekalongan. Kota kelahiran Dian Pelangi ini ternyata menyimpan berbagai hal menarik yang jarang diketahui banyak orang. Tak hanya mengenai batiknya yang khas, tetapi ada juga hal lain seperti makanan sertu budaya yang menarik untuk diketahui dari kotak batik ini. Penasarn ingin tau apa saja yang menarik dari Kota Pekalongan?

1. Kursus membatik di Museum Batik

Sejumlah ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri mengikuti kursus membatik di Rumah Batik Suminar, Desa Sekoto, Kecamatan Badas, Kediri, Jawa Timur, Kamis (2/10). Sebanyak 100 peserta mengikuti kursus gratis membatik dalam rangka pembinaan masyarakat produktif dan memperingati Hari Batik Nasional. ANTARA FOTO/Rudi Mulya/ss/pd/14Sebagai kota batik, tak lengkap bila tidak belajar membatik saat bepergian ke Pekalongan. Pekalongan juga memiliki Museum Batik dengan berbagai koleksi batik yang sangat khas. Bagi para pengunjung, tak usah ragu untuk belajar membatik di Museum Batik. Para pengunjung akan mengetahui proses membatik dari mulai sketsa hingga proses pewarnaan dan penghapusan malam pada kain.

2. Berkunjung ke kampung batik Kauman

kampung-batik-kauman-3-638Ingin berbelanja batik khas Pekalongan? Jangan ragu untuk mengetuk rumah pembatiknya langsung. Kamu dapat mengunjungi kampung batik Kauman yang tak hanya menyuguhkan karya batik cantik tetapi penamdangan kampung yang sangat berwarna. Di sepanjang jalan Kauman ini, kamu akan menjumpai selurun tembok yang dihias dengan gambar batik.

3. Berkunjung ke workshop dan pabrik Dian Pelangi

pabrik dpKaryanya dalam mendesain memang sudah tidak usah diragukan lagi. Namun apakah kamu tak penasaran untuk melihat workshop dan pabrik Dian Pelangi di Pekalongan? Banyak hal yang dapat kamu ketahui dan pelajari dibalik sebuah busana yang di desain oleh Dian Pelangi.

4. Mencoba gurihnya sego megono

bumbupekalongandlmTak lengkap rasanya bila mengunjungi suatu tempat tanpa menikmati makanan khas daerah tersebut. Sego megono adalah makanan khas Pekalongan yang wajib kamu coba. Sego megono merupakan nasi putih yang dicampur dengan kelapa yang telah dibumbui bersama irisan nangka muda. Memang terdengan sederhana, namun memiliki rasa yang unik dan enak.

5. Mencicipi garang asem kuah

garang asem

Tak hanya sego megono, Pekalongan juga memiliki makanan khas yakni garang asem kuah. Berbeda dengan garang asem biasanya, lauk ini merupakan percampuran daging sapi, lidah sapi, serta telur ayam bulat yang memiliki kuah dan dilengkapi cabe rawit untuk sensari rasa asam dan pedas. Tak lengkap jika memakannya tanpa tumis sambal tomat hijau dan nasi hangat.

Photo: Berbagai sumber

related post(1)

Win Workshop and Trip with Dian Pelangi